June 11, 2018

draft : waktu

to.
cc.
subject.
from.

Dear Kamu,

Saya lagi kesal sama waktu.
Serius deh, ntah salah apa saya di kehidupan saya yang lalu sama si waktu, dia selalu cari masalah sama saya. Pernah saya ketemu seseorang yang benar2 luluhlantakin hati saya. Ya ampun, ketemu dia, perut saya penuh sama kupu-kupu, kepompong, bahkan si ulat juga rempong ikut-ikutan. Tapi ya itu, si waktu seenak jidatnya sendiri hilir mudik bawa bawa palang buat blokade saya dan si dia.
Tapi ini bukan cerita saya dan dia. Ini ceritanya saya yang lagi kesal sama si waktu.


Ribuan detik kuhabisi
Jalanan lengang kutentang

Oh, gelapnya, tiada yang buka
Adakah dunia mengerti?

Kenapa saya emosi sama si waktu tanya kamu?
Karena sudah tau saya lagi buru- buru mengejar tengah malam. Bukannya bantu saya sedikit, minimal menepi sebentar di pinggir jalan, yang ada si Waktu ikutan lari kejar-kejaran sama saya, kecentilan gitu mau ketemu si tengah malam lebih cepat dari saya.
Dan saya sedih,
Karna walau saya berhasil overlap si Waktu sebentar, toko bakpau kesayangan kamu sudah keburu tutup. padahal malam ini, malam terakhir bulannya kamu. Malam terakhir saya dan kamu.

Miliaran panah jarak kita
Tak jua tumbuh sayapku
Satu-satunya cara yang ada
Gelombang tuk ku bicara

Oke, bukan saya namanya kalau tidak ada plan b.
Kamu suka martabak pandan coklat keju kan? yang waktu itu bikin kamu buncit kekenyangan sampai ga bisa tidur? Atau itu alasan kamu buat ikut begadang sama saya? Ngaku! Ahahaha.
Tapi saya bingung, tidak ada lilin ulang tahun kata petugas minimarket sebelah. Adanya lilin untuk mati lampu. Padahal niat saya pasang 100 lilin di martabak kamu, agar umur kamu bisa lebih banyak daripada umur kura-kura saya dulu.
Yaudah, anggep aja martabaknya sudah built in dengan lilinnya ya. jangan bawel, mau gimana lagi. Sudah tidak sempat, lagi-lagi karena si Waktu


Tahanlah, wahai WaktuAda “Selamat ulang tahun”Yang harus tiba tepat waktunya
Untuk dia yang terjaga menantiku

Kue jadi-jadian rasa martabak dengan 100 lilin tidak kasat mata checked. Oh ya, sebelumnya saya mau lengkapi paket happy belated birthday meal kamu dengan kwetiau sapi. Tapi ya itu, tolong salahin aja si Waktu. Dia yang ga mau kompromi sama saya. Iya, kadang saya memang gitu, lempar kwetiau sembunyi sapi. Hahaha. Saya udah keburu baper sama si Waktu soalnya.

Oke, kue jadi-jadian rasa martabak dengan 100 lilin tidak kasat mata checked. Kartu isi ocehan kepo saya juga sudah ditulis dan ditempel di kotak martabak kamu. Ngga cantik sih, tapi yang penting niatnya kan kata kamu. Dan selanjutnya tinggal bagaimana cara sampai ke rumah kamu.
Tapi saya stress! Kamu tau sendiri, yang planning landscape kompleks perumahan kamu juga suka guyon. Jalan ke kanan diportal, jalan ke kiri diportal. Lurus jalan buntu, putar balik diklakson mobil belakang. Tolong Waktu, jangan cepat-cepat hampiri Tengah malam. Saya belum sampai.

Tengah malamnya lewat sudah
Tiada kejutan tersisa
Aku terlunta, tanpa sarana

Saluran tuk ku bicara


Fix saya nyasar. Saya kesal, apa bedanya a4 dan 4a. kenapa dunia seakan-akan berkomplot dengan si Waktu untuk kerjain saya? Sudah satu setengah jam saya belok kanan belok kiri, ke depan, lalu mundur. Mungkin kalau ada jalan ke bawah dan ke atas, sudah saya lalui juga. saya sempat nekat jalan kaki, mungkin kalau tidak terhalang kaca film jendela mobil, tempat kamu terjaga akan lebih terlihat. Tapi nyatanya saya tidak tambah dekat dengan tempat kamu. mobil saya ikutan jalan-jalan dengan si Waktu meninggalkan saya sendiri di deretan angka 3 dan 5 tanpa angka 4 di tengah-tengahnya, dengan kue martabak kamu yang masih hangat di tengah gelapnya tengah malam.

Jangan berjalan, WaktuAda “Selamat ulang tahun”
Yang harus tiba tepat waktunya
Semoga dia masih ada menantiku

“Sekarang lo di mana?"
“Enggggg, gw ada di sini”
“Di sini tu di mana? Coba share locationnya!”
“Engggggg, aduh gw malu buat kasih tau lu.”
“Kasih tau ga di mana?”
“Iya iya gw deket gereja sih. Ini gw share location”
“yaudah tunggu di situ gausah kemana-mana”
“dari rumah lu jauh?”
“ngga kok, deket. Tunggu bentar gw udah jalan ke sana”
“emang lu tau rumah gw di mana?”
“ngga”
“lah terus, lu mau ke rumah gw gimana?”
“gw tadi tanya abang nasi goreng sih. Tapi dia ga tau rumah lu
“ya iya lah ya ampun. Dia emang tau gw yang mana? Yaudah sekarang pulang ikutin gw”
“eh ga usah gw bisa kok”
“jangan bandel! Di sini tuh diportal semua, lu ikutin gw ga usah sok pinter”
“gausah. Serius gw bisa pake waze”
“lu lebih percaya gw apa waze?”

tapi nyasar kali ini, saya ga bisa hubungi kamu lagi kaya kemarin- kemarin. Saya harus belok ke mana ya? soalnya setiap langkah yang saya ambil, semuanya dipalang, saya tidak bisa maju lagi walaupun mau.

Mundurlah, wahai Waktu
Ada “Selamat ulang tahun”
Yang tertahan tuk kuucapkan

Waktu, bisa kasih beberapa menit ngga? Saya menyerah.
Hari ini sudah hampir habis, tapi memang tidak bisa besok. Tetap harus hari ini.
Saya janji jadi anak baik, dan segera pulang setelah saya titipkan martabak ini.
Mungkin memang ini benar jalan untuk ke rumahnya. Hanya saja, sudah diportal dan dipalang bagi saya. Mungkin memang ini benar jalannya, saya hanya harus belajar menerima bahwa langkah saya memang hanya boleh sampai di sini. Tidak lebih.


Yang harusnya tiba tepat waktunya
Dan rasa cinta yang s’lalu membara
Untuk dia yang terjaga
Menantiku


Sugeng dalu untuk kamu yang sedang terlelap,
Boleh minta tolong?
Ada selamat ulang tahun beserta salam dari hati saya, yang saya titipkan
Untuk lokasi penitipannya saya share ke kamu sebentar lagi.
Maaf saya lancang membuka portal baru untuk hubungi kamu
Tenang, setelah pesan saya sampai di kamu, akan segera saya tutup portalnya kembali.
Saya hanya berharap agar selamat ulang tahun dari saya bisa tiba tepat pada waktunya.

Ps, selamat ulang tahun untuk kamu. maaf terlambat, tapi sebelum tengah malam ini masih bulannya kamu. Wishes dari saya tidak banyak. Hanya semoga kamu bahagia selalu, tambah disayang Tuhan, tumbuh jadi manusia yang berguna, semakin sayang papa, mama, saudara. Semoga kamu sehat, jangan malas olahraga. Katanya mau yoga. Jangan manja jangan males-malesan! Saya tunggu foto kamu di tugu merauke sana. Happy belated birthday, kamu.

Credit song : Selamat Ulang Tahun // Dewi Lestari

No comments:

Post a Comment